Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Usbn Pai Sma Kurikulum 2006 Beserta Jawabannya Part-5

Tulisan soal-soal USBN Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2006 yang sedang anda baca ini, merupakan bagain kelima atau terakhir. Bila sebelumnya, soal PAI belahan pertama hingga keempat (soal nomor 31-40), berbentuk PG, maka untuk belahan kelima, soal berbentuk essay/uraian.

Berikut, pola soal USBN PAI Sekolah Menengan Atas beserta kunci jawabannya.

41. Perhatikan kutipan ayat di bawah ini.



Tentukan aturan tajwid pada lafadz-lafadz yang bergaris bawah dan jelaskan alasannya!
Jawaban:
1 : Mad jaiz munfashil, bacaan ya dibaca panjang 4-6 harakat. Asalnya suara ya dibaca 2 harakat (mad thabi’i) namun sebab berhadapan dengan hamzah di lafadz lain maka dibaca panjang menjadi 4-6 harakat (mad jaiz munfashil).
2 : Alif lam syamsyiyah. Huruf lam yaitu salah satu karakter syamsiyah.
3 : Idzhar syafawi.Huruf mim sukun bertemu dengan karakter ta.
4 : Alif lam qamariyah. Huruf mim yaitu salah satu karakter qamariyah
5. : Lafdzul jalalah dibaca tafkhim (tipis, karakter lam dibunyikan la) sebab karakter sebelum lafadz jalalah berharakat kasrah.

42. Adanya media umum ketika ini turut mempermudah penyebaran aneka macam macam informasi termasuk informasi bohong (hoax). Berdasarkan Al Quran, jelaskan apa yang sanggup dilakukan biar kita sanggup terhindar dari informasi bohong tersebut?
Jawaban:
1) Tetap menjadikan Al Alquran sebagai fatwa pemberitaan.
2) Tidak semua informasi yang beredar yaitu informasi yang benar, oleh sebab itu kebenaran informasi harus diperjelas.
3) Berita bohong (hoax) yaitu informasi yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh sebab itu hindari untuk meneruskannya kepada orang lain.
4) Jangan terlalu gampang untuk meneruskan sebuah berita, sebab kita sanggup menjadi salah satu mata rantai penyebar hoax yang sanggup menjadi fitnah dan menjadikan keresahan.
5) Semua informasi yang kita terima harus dicerna terlebih dahulu.

43.  Jelaskan imbas jelek sikap hasad dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: Perilaku hasad atau dengki yaitu impian biar kenikmatan yang dimiliki orang lain hilang. Kebiasaan ini harus dihindari sebab sanggup menghancurkan. Sifat ini timbul sebab adanya rasa iri dan merasa tidak bahagia melihat orang lain menerima karunia. Sifat ini harus dihindari sebab sanggup menumbuhkan sifat jelek yang lain menyerupai rakus, tamak, dendam dan rasa permusuhan. Dari sisi spiritual sifat ini sanggup menghilangkan kebaikan yang sudah dilakukan.

44. Jelaskan tata cara menguburkan jenazah, mencakup ketentuan liang lahat dan langkah-langkah menguburkannya!
Jawaban:
1) Ketentuan liang lahat : liang lahat dibentuk dengan kedalaman setinggi orang cukup umur ditambah setengah lengan, panjang sesuai dengan badan jenazah, lebar sekitar 1 meter, dasar lubang dibentuk miring ke arah kiblat.
2) Langkah-langkah menguburkan :
- Jenazah dimasukkan ke dalam lubah dalam keadaan miring menghadap kiblat. Letakkan mayat sambil membaca : “Bismillahi wa’ala millati rasulillah”
- Lepaskan tali-tali kafan, tutup dengan bambu atau kayu
- Timbunlah dengan tanah. Tinggikan sekitar satu jengkal dan di belahan kepala diberi kerikil nisan.
- Setelah selesai menguburkan, bacakanlah doa ampunan bagi jenazah.

45.  Indonesia yaitu negara yang lebih banyak didominasi penduduknya muslim, sangat bermacam-macam suku, bahasa, moral istiadat, serta agama. Meski demikian muslim Indonesia selalu hidup berdampingan dengan non muslim lainnya. Agar tetap terjalin relasi yang baik antara muslim dan non muslim:
a. Bagimanakah sebaiknya berdakwah biar tidak menyinggung dan menyakiti orang lain?
b. Bagaimana cara meneladani dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah untuk diterapkan di Indonesia?
Jawaban:

1. a.  berdakwah secara santun dan lemah lembut
b.  memberi pemahaman yang logis dan rasional
c.  memberi pesan yang tersirat yang baik
d.  berdiskusi/berdialog dengan baik
e.  saling menghormati pendapatnya orang lain
f.  tidak menyinggung SARA
g.  tidak memaksa
h.  tidak menggunakan kekerasan atau ancaman.

2. a.  mengikuti keadaan terlebih dahulu dengan audiens/mustami’/obyek dakwah
b.  pahami karakter obyek dakwah
c.  pererat silaturrahmi
d.  saling tolong menolong
e.  Sabar dan gigih
f.  suka memberi maaf
g.  mulailah mencar ilmu agama

Baca juga: Contoh Soal USBN PAI Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya

Post a Comment for "Contoh Soal Usbn Pai Sma Kurikulum 2006 Beserta Jawabannya Part-5"