Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Uts(Mid) Biologi Kelas X Semester 2 Part-4

Melanjutkan goresan pena Contoh Soal UTS(MID) Biologi Kelas X Semester 2 bab ketiga (soal nomor 21-30), bab keempat ini, merupakan bab terakhir wacana MID Biologi yang berjumlah 45 soal. Dimana, soal yang terakhir ini, berbentuk soal Essay/Uraian.
Baca juga: Contoh Soal UAS Biologi Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban


Berikut di bawah ini, pola soal essay UTS Biologi beserta jawaban, untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 31 hingga dengan 45.

31. Keanekaragaman gen dalam satu jenis sanggup memunculkan ....
Jawaban: variasi

32. Kawasan timur Indonesia dihuni oleh burung yang mempunyai warna ....
Jawaban: menarik

33. Pulau di Indonesia yang paling kaya akan jenis monyet yaitu ....
Jawaban: Kalimantan

34. Terjadinya pembuahan pada tanaman Spermatophyta didahului dengan insiden ....
Jawaban: penyerbukan

35. Fase hidup pada tanaman lumut yang lebih usang yaitu fase ....
Jawaban: gametofit

36. Cacing yang dimanfaatkan untuk indikator pencemaran air yaitu ....
Jawaban: tubifex sp.

37. Rongga badan porifera disebut ....
Jawaban: spngosol

38. Pada binatang kalajengking, di sekitar lisan terdapat alat menyerupai penjepit besar untuk menangkap mangsa dan sebagai alat peraba disebut ....
Jawaban: kalisera

39. Jenis karang yang mempunyai cangkang dua buah dimasukkan ke dalam kelas ....
Jawaban: bivalvia

40. Beberapa jenis Reptilia mengalami pergantian kulit. Pergantian kulit disebut dengan istilah ....
Jawaban: ekskuifikasi

41. Bagaimana cara Coelenterata mendapat makanan?
Jawaban: coelenterata mendapat kuliner berupa jentik-jentik dengan memakai tentakel. Makanan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mulut, kemudian masuk ke kerongkongan dan rongga usus (kantong tubuh) untuk dicerna. Pencernaan Coelenterata dilakukan secara ekstraseluler. Setelah kuliner selesai dicerna, sisa-sisa kuliner dimuntahkan melalui mulutnya alasannya yaitu binatang tersebut tidak mempunyai anus.

42. Sebutkan keunikan biodiversitas Indonesia!
Jawaban: mempunyai tanaman bertipe Malesiana dan mempunyai tanaman dan fauna endemik

43. Mengapa tanaman paku termasuk ke dalam kormofita?
Jawaban: dikarenakan telah mempunyai akar, batang, dan daun yang sesungguhnya.

44. Jelaskan daur hidup Aurelia aurita (ubur-ubur)!
Jawaban: daur hidup Aurelia Aurita
Medusa bersifat diosesius (berkelamin terpisah/berumah dua). Masing-masing akan menghasilkan sel kelamin. Fertilisasi terjadi di dalam air, termasuk zigot hingga larva planula (bersila) dan jikalau menemukan daerah sesuai, silia ditanggalkan dan bermetamorfosis polip baru. Polip tersebut akan memebntuk tunas yang saling bertumpuk berbentuk menyerupai cawan disebut skifistoma. Jika sudah remaja maka cawan (efira) akan lepas menjadi medusa.

45. Deskripsikan peranan Insekta bagi kehidpuan manusia!
Jawaban:
a. Menguntungkan:
- lebah madu, menghasilkan madu;
- ulat sutera, menghasilkan benang sutra;
- serangga, membantu penyerbukan;
- serangga predator, memangsa hama tumbuhan; dan
- lalat dan kumbang menghancurkan sampah.

b. Merugikan:
- merusak pertanian (kumbang kelapa, dan walang sangit);
- menularkan penyakit (nyamuk, lalat, dan kecoak);
- mengisap darah (kutu busuk); dan
- merusak tepung (kumbang tepung).

Post a Comment for "Contoh Soal Uts(Mid) Biologi Kelas X Semester 2 Part-4"