Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Jawban Ukg Ekonomi Smp Terbaru (Bag-2)

Bagi rekan Guru Sekolah Menengah Pertama yang mengajar mata pelajaran ekonomi dan kebetulan sedang mencari soal dan tanggapan seputar UKG Ekonomi, pola soal berikut ini merapukan kelanjutan dari goresan pena sebelumnya yaitu: contoh soal UKG ekonomi Sekolah Menengah Pertama dan tanggapan Terbaru bab pertama.

Oke, berikut soal dan tanggapan untuk bab yang kedua.

1. Sampai sejauh mana suatu penemuan sanggup sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu....
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua tanggapan salah
Jawaban: D

2. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) perilaku ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar yakni ....
A.pernyataan (1) dan (3)
B.pernyataan (2) dan (4)
C.pernyataan (2) dan (3)
D.pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4
Jawaban: C

3. Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa arif dengan kelompok siswa bodoh apabila ..
A.butir soal mempunyai 2 kunci tanggapan sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: D

4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian isu bersama untuk mencapai suatu akad bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.Linier
B.Kontradiktif
C.Konvergen
D.Collective
E.Semua tanggapan salah
Jawaban: C

5. Fanatism kawasan yang kurang terkontrol, merupakan salah satu pola kendala yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System
Jawaban: C

6. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.abstrak
B.pendahuluan
C.diskusi
D.referensi
E.Ada 2 tanggapan benar
Jawaban: C

7. Analisis soal secara kualitatif sangat baik alasannya setiap soal dilihat oleh ....
A.ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.beberapa andal secara bahu-membahu dalam diskusi didasarkan materinya
C.beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.ahli bahan dengan memakai perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 tanggapan benar
Jawaban: C

8. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A.Mutlak
B.mantap
C.tentatif
D.pasti
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: A

9. Fungsi utama dari penerapan evaluasi portofolio yakni ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil berguru siswa
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: C

10. Cara pemecahan persoalan yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.kondisi lingkungan sekolah
B.jumlah siswa dalam kelas
C.waktu yang tersedia dalam aktivitas pelajaran
D.sarana dan kemudahan yang tersedia.
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: B

11. Salah satu prinsip evaluasi yakni reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat evaluasi yakni ...
A.alat evaluasi diujikan pada orang yang sama
B.alat evaluasi diujikan pada orang yang berbeda
C.petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: C

12. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan goresan pena ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.kelayakan wangsit untuk dipublikasikan
B.wacana ihwal wangsit yang sedang berkembang
C.kesiapan wangsit untuk didiskusikan
D.persamaan persepsi para andal di bidang yang sama
E.Ada 2 tanggapan yang benar
Jawaban: A

13. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E.Tidak ada tanggapan benar
Jawaban: B

14. Fungsi utama dari penerapan evaluasi portofolio yakni ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil berguru siswa
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: C

15. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri ibarat proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.Memfasilitasi siswa mendapatkan konsep supaya sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.Memfasilitasi siswa untuk pertanda konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: A

16. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
B.otot, badan, dan otak
C.otot, saraf, dan otak
D.otot, saraf, dan pikiran
E.otak, mainan edukatif
Jawaban: C

17. Berikut ini yakni kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam
bekerja ilmiah.
(1) melakukan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data

Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah yakni ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua tanggapan salah
Jawaban: D

18. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu pola upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
E.Semua tanggapan salah
Jawaban: B

19. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari evaluasi berbasis kelas, kecuali :
 A.Siswa tidak sekedar dilatih menentukan tanggapan yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk sanggup mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan isu ihwal siswa sanggup dilakukan dengan memakai variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil berguru siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil berguru siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan sehabis proses berguru mengajar selesai, sehingga sangat mudah bagi guru.
E.Tidak ada jawaban
Jawaban: D

20. Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa arif dengan kelompok siswa bodoh apabila ..
A.butir soal mempunyai 2 kunci tanggapan sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua tanggapan benar
Jawaban: D

Post a Comment for "Contoh Soal Dan Jawban Ukg Ekonomi Smp Terbaru (Bag-2)"