Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendefiniskan Kebutuhan (Perancangan Basis Data)

Mendefinisikan Kebutuhan (Requirements definition) adalah proses mengidentifikasi dan mendokumentasikan data yang dibutuhkan oleh user dalam sebuah database untuk memenuhi kebutuhan info ketika ini dan masa yang akan datang.

2 Jenis info yang harus diperhatikan: 

a. Informasi yang menjelaskan struktur data, menyerupai entitas, atribut, dan relasi. Informasi ini biasanya dinyatakan dalam bentuk grafik menyerupai entity-relationship diagrams (E-RD).

b. Informasi yang menggambarkan hukum atau batasan yang  dapat menjaga integritas data. Biasanya disebut hukum bisnis (business rules), batasan-batasan ini harus di tuangkan dalam data dictionary/directory (atau repository) suatu organisasi.

Component data harus dipahami sebelum mengumpulkan info selama definisikan kebutuhan.
adalah proses mengidentifikasi dan mendokumentasikan data yang dibutuhkan oleh user dalam  Mendefiniskan Kebutuhan (Perancangan Basis Data)

Langkah-Langkah Dalam Mendefinisikan Kebutuhan 

1. Mendefinisikan Lingkup Database

  • Team harus meninjau ulang planning SI pada organisasi sebelum melaksanakan definisi kebutuhan. 
  • Rencana mencakup tabel bisnis, suatu model info perusahaan, dan prioritas database dan implementasi merencanakan. 
  • Rencana ini harus dipakai sebagai suatu keseluruhan kerangka untuk mendisain database.

2. Memilih Metodologi
  • Memilih metodologi dan CASE Tools --> yang sesuai yaitu hal yang Esensial. 
  • Metodologi menawarkan mekanisme standar dan format pengumpulan data yang dibutuhkan untuk mengelola pengumpulan metadata pada disiplin tertentu.
  • CASE tools menawarkan pinjaman berbasis komputer untuk membangun sebuah repository dari metadata dan menciptakan tampilan yang terstruktur dari metadata tersebut. Dan CASE tools yang dipakai selama Mendefinisikan Kebutuhan harus sesuai dengan CASE tools yang dipakai selama perencanaan database
3. Mengidentifikasi Pandangan User (User Views)

  • Pengumpulan data biasanya fokus pada pandangan user terhadap data.
  • Pandangan user (User View) yaitu sekumpulan data yang dibutuhkan oleh user tertentu untuk menciptakan keputusan atau melaksanakan tindakan
  • Kita mengidentifikasi user views dengan meninjau ulang kiprah (tasks) yang dilakukan atau keputusan yang dibentuk oleh user dan dengan meninjau ulang data yang dibutuhkan untuk tugas-tugas dan keputusan tersebut.
  • Laporan, file, form, dokumen, dan tampilan (display) yang ada (baik input maupun output) merupakan sumber info yang penting wacana user views, dan analyst harus mengumpulkan pola salinan dari data yang dipakai untuk mendukung keputusan.
  • Merupakan hal yang penting untuk mengantisipasi kebutuhan akan data di masa depan jikalau memungkinkan.


4. Model Data Struktur

  • Tahapan ini membutuhkan struktur yang konsisten pada setiap user views yang telah diidentifikasikan pada tahapan sebelumnya. 
  • Pada sesi sebelumnya, kita memakai ER Diagram untuk membuatan model data structure. Memodelkan user views dalam bentuk ER-D memerlukan: entitas, korelasi (relationship), atribut, candidate keys, Primary Key dan descriptor yang relevan untuk setiap pandangan user yang kita identifikasikan.   
5. Model Database Constraints
  • Selama tahapan mendefinisikan kebutuhan, database analyst juga harus mengidentifikasi basic constraints yang menjaga integritas database.
  • Batasan-batasan ini : domains, referential integrity dan hukum bisnis lainnya. Batasan ini seharusnya disimpan dalam data dictionary (atau repository), dengan memakai CASE tools yang tersedia.

6. Mengidentifikasi Kebutuhan Operasional
  • Seorang analyst juga harus mengumpulkan info yang berkenaan dengan kebutuhan operasional user akan data.
  • Tahapan ini mencakup kebutuhan untuk masing-masing area berikut:
    1. Keamanan (Security). 
    2. Waktu Respon (Response times).
    3. Backup and Recovery. 
    4. Dokumentasi (Archiving). 
    5. Prediksi Perkembangan (Growth Projections) Database. 
Untuk mendonwnload bahan lengkapnya, termasuk bahan mendefinisikan kebutuhan pada artikel ini, silahkan baca dan download goresan pena saya sebelumnya: perancangan basis data - modul download lengkap

Post a Comment for "Mendefiniskan Kebutuhan (Perancangan Basis Data)"