Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Cacah Dan Bilangan Bundar Sd

1.    Hasil dari 39.700 + 63.799 – 49.999 adalah...
a.    51.500
b.    52.500
c.    53.500
d.    54.500
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
39.700 + 63.799 – 49.999 = (39.700 + 63.799) – 49.999
                                              = 103.499 – 49.999
                                              = 53.500
Jawaban: C

2.    Hasil dari 1.075 + 21.375 : 375 adalah...
a.    1.130
b.    1.131
c.    1.132
d.    1.133
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan 
Maka:
1.075 + 21.375 : 375 = 1.075 + (21.375 : 375)
                                      = 1.075 + 57
                                      = 1.132
Jawaban: C

3.    Hasil dari 456 + 167 – 308 adalah...
a.    310
b.    315
c.    320
d.    325
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan  kali/ bagi
Maka:
456 + 167 – 308 = (456 + 167) – 308
                              = 623 – 308
                              = 315
Jawaban: B

4.    Hasil operasi hitung dari 368 + 992 – 725 adalah...
a.    625
b.    635
c.    645
d.    655
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
368 + 992 – 725 = (368 + 992) – 725
                              = 1.360 – 725
                              = 635
Jawaban: B

5.    Hasil operasi hitung dari 1.250 – 350 + 250 adalah...
a.    1.000
b.    1.100
c.    1.150
d.    1.200
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
1.250 – 350 + 250 = (1.250 – 350) + 250
                                 = 900 + 250
                                 = 1.150
Jawaban: C

6.    Hasil perhitungan dari 789 – 654 + 123 adalah...
a.    158
b.    258
c.    358
d.    458
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
789 – 654 + 123 = (789 – 654) + 123
                              = 135 + 123
                              = 258
Jawaban: B

7.    Hasil dari (-23 + 11) : (-8 + 6) adalah...
a.    -6
b.    -5
c.    5
d.    6
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: dalam kurung --->  Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
(-23 + 11) : (-8 + 6) = -12 : (-2)
                                   = 6
Jawaban: D

8.    Hasil dari (-18 + 2) : (-3 – 1) adalah...
a.    -5
b.    -4
c.    4
d.    5
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: dalam kurung --->  Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
(-18 + 2) : (-3 – 1) = -16 : (-4)
                                 = -4
Jawaban: B

9.    Hasil dari 32 – 7 + 9 + 10 adalah...
a.    40
b.    41
c.    43
d.    44
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
32 – 7 + 9 + 10 = (32 – 7) + 9 + 10
                           = 25 + 9 + 10
                           = (25 + 9) + 10
                           = 34 + 10
                           = 44
Jawaban: D

10.    Hasil dari 21 : (3 – 10) + 4 x (-2) adalah...
a.    -11
b.    -5
c.    5
d.    11
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: dalam kurung --->  Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
21 : (3 – 10) + 4 x (-2) = 21 : (-7) + 4 x (-2)
                                        = 21 : (-7) + (4 x (-2))
                                        = 21 : (-7) + (-8)
                                        = (21 : (-7)) + (-8)
                                        = -3 + (-8)
                                        = -11
Jawaban: A

11.    Hasil operasi hitung dari 28 + 7 x (-5) adalah...
a.    -175
b.    -63
c.    -7
d.    7
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan 
Maka:
28 + 7 x (-5) = 28 + (7 x (-5))
                       = 28 + (-35)
                       = -7
Jawaban: C

12.    Hasil operasi hitung -12 + 20 x 4 – (-6) : 3 adalah...
a.    110
b.    70
c.    34
d.    30
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan 
Maka:
-12 + 20 x 4 – (-6) : 3 = -12 + (20 x 4) – (-6) : 3
                                       = -12 + 80 – (-6) : 3
                                       = -12 + 80 – ((-6) : 3)
                                       = -12 + 80 – (-2)
                                       = (-12 + 80) – (-2)
                                       = 68 – (-2)
                                       = 68 + 2
                                       = 70
Jawaban: B

13.    Soal ujian matematika terdiri dari 50 soal, akseptor akan menerima skor 4 untuk setiap tanggapan benar, skor -2 untuk setiap tanggapan yang salah dan skor -1 untuk soal yang tidak dijawab. Jika Anton berhasil menjawab 45 soal dan ternyata yang benar 36 soal, maka skor yang diperoleh Anton adalah...
a.    115
b.    121
c.    144
d.    167
Pembahasan:
Jumlah soal = 50
Jawaban benar = skor 4
Jawaban salah = skor -2
Soal tidak dijawab = skor -1
Soal yang dijawab Anton = 45
Jawaban benar = 36
Jawaban salah = 45 – 36 = 9
Soal yang tidak dijawab = 50 – 45 = 5
Skor Anton = (36 x 4) + (9 x (-2)) + (5 x (-1))
                    = 144 + (-18) + (-5)
                    = (144 - 18) + (-5)
                    = 126 + (-5)
                    = 126 -5
                    = 121
Jawaban: B

14.    Sebuah liga sepak bola antarkampung memutuskan bahwa tim yang menang akan diberi nilai 3, tetapi kalau kalah diberi nilai -2 dan kalau seri diberi nilai -1. Sebuah tim telah bermain sebanyak 47 kali, 21 kali menang, dan 3 kali seri dengan pertandingan sisanya berakhir dengan kekalahan. Nilai yang sanggup diperoleh tim tersebut adalah...
a.    -23
b.    7
c.    34
d.    60
Pembahasan:
Tim menang = skor 3
Kalah = skor -2
Seri = skor -1
Total bermain = 47 kali
Menang = 21 kali
Seri = 3 kali
Kalah = 47 – (21 + 3) = 47 – 24 = 23
Nilai yang diperoleh tim = (21 x 3) + ( 3 x (-2)) + (23 x (-1))
                                          = 63 + (-6) + (-23)
                                          = (63 - 6) + (-23)
                                          = 57 + (-23)
                                          = 57 – 23
                                          = 34
Jawaban: C

15.    Suhu udara kota Tokyo 6 derajat Celcius. Suhu udara di kutub utara 15 derajat Celcius lebih rendah daripada kota Tokyo. Suhu udara Kutub Utara adalah...

Pembahasan:
Suhu di Tokyo =
Suhu di kutub utara = lebih rendah dari kota Tokyo
Suhu di kutub utara =
Jawaban: B

16.    Dalam kulkas terdapat bab pendingin dan bab pembeku. Suhu udara pada bab pendingin 12 derajat Celcius. Sedangkan pada bab pembeku -6 derajat Celcius. Selisih suhu antara kedua bab tersebut adalah...

Pembahasan:
Suhu bab pendingin =
Suhu pembeku =
Selisih suhu keduanya =
Jawaban: C

17.    Segelas air bersuhu 20 derajat celcius. Setelah diberi es suhunya turun 8 derajat celcius. Pada ketika es sudah mencair suhunya naik 3 derajat celcius. Suhu simpulan air tersebut adalah..

Pembahasan:
Suhu mula-mula =
Penurunan suhu =
Kenaikan suhu =
Suhu simpulan air = 

Jawaban: D

18.    Dita mengerjakan soal ujian. Dita menerima nilai 84, sedangkan dari jawabannya yang salah, Dita menerima nilai -18. Oleh alasannya suatu hal nilai siswa dikurangi 8. Nilai yang diperoleh Dita adalah...
a.    52
b.    54
c.    56
d.    58
Pembahasan:
Nilai awal Dita = 84
Jawaban yang salah = -18
Pengurangan nilai = 8
Nilai Dita kini = 84 – 18 – 8 = 66 – 8 = 58
Jawaban: D

19.    Hasil dari 19.749 – 2.823 + 948 adalah...
a.    18.874
b.    18.864
c.    17.874
d.    17.864
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan -->  kali/ bagi
Maka:
19.749    – 2.823 + 948 = (19.749 – 2.823) + 948
                                          = 16.926 + 948
                                          = 17. 874
Jawaban: C

20.    Hasil dari 450 – 125 + (-130) adalah...
a.    455
b.    225
c.    205
d.    195
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
450 – 125 + (-130) = (450 – 125) + (-130)
                                  = 325 + (-130)
                                  = 325 – 130
                                  = 195
Jawaban: D

21.    Hasil dari 768 : 16 x 23 adalah...
a.    1.204
b.    1.104
c.    1.084
d.    1.004
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan
Maka:
768 : 16 x 23 = (768 : 16) x 23
                        = 48 x 23
                        = 1.104
Jawaban: B

22.    Hasil operasi dari 1.036 + 851 – 137 adalah...
a.    1.159
b.    1.069
c.    1.750
d.    1.049
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
1.036 + 851 – 137 = (1.036 + 851) – 137
                                 = 1.887 – 137
                                 = 1.750
Jawaban: C

23.    Diketahui -87 + 167 – 158 + 354 = m, maka nilai m adalah...
a.    210
b.    276
c.    288
d.    297
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
-87 + 167 – 158 + 354 = (-87 + 167) – 158 + 354
                                        = 80 – 158 + 354
                                        = (80 – 158) + 354
                                        = -78 + 354
                                        = 276
Jawaban: B

24.    Hasil dari 45 x 15 : 5 adalah...
a.    125
b.    135
c.    145
d.    155
Pembahasan:
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan
Maka:
45 x 15 : 5 = (45 x 15) : 5
                   = 675 : 5
                   = 135
Jawaban: B

25.    Hasil dari 167 + 798 – 567 adalah...
a.    398
b.    983
c.    839
d.    389
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
167 + 798 – 567 = (167 + 798) – 567
                              = 965 – 567
                              = 398
Jawaban: A

26.    Diketahui -108 + 78 – 15 + 354 = p, maka nilai p adalah...
a.    310
b.    309
c.    308
d.    307
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
-108 + 78 – 15 + 354 = (-108 + 78) – 15 + 354
                                      = -30 – 15 + 354
                                      = (-30 – 15) + 354
                                      = -45 + 354
                                      = 309
Jawaban: B

27.    Hasil dari 124 x 14 : 4 adalah...
a.    548
b.    434
c.    409
d.    368
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan
Maka:
124 x 14 : 4 = (124 x 14) : 4
                     = 1.736 : 4
                     = 434
Jawaban: B

28.    Hasil dari 128 + 616 – 180 adalah...
a.    644
b.    564
c.    444
d.    124
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
128 + 616 – 180 = (128 + 616) – 180
                              = 744 – 180
                              = 564
Jawaban: B

29.    Diketahui -98 + 276 – 158 + 241 = n, nilai n adalah...
a.    296
b.    261
c.    262
d.    291
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
-98 + 276 – 158 + 241 = (-98 + 276) – 158 + 241
                                        = 178 – 158 + 241
                                        = (178 – 158) + 241
                                        = 20 + 241
                                        = 261
Jawaban: B

30.    Hasil dari 16 x 10 : 4 adalah...
a.    20
b.    40
c.    60
d.    80
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan
Maka:
16 x 10 : 4 = (16 x 10) : 4
                   = 160 : 4
                   = 40
Jawaban: B

31.    Hasil dari 1.015 – 995 + 567 adalah...
a.    657
b.    4.657
c.    587
d.    551
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
1.015 – 995 + 567 = (1.015 – 995) + 567
                                 = 20 + 567
                                 = 587
Jawaban: C

32.    Diketahui -165 + 76 – 198 + 241 = n, maka nilai n adalah...
a.    -46
b.    -68
c.    46
d.    68
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: Penjumlahan/ pengurangan --->  kali/ bagi
Maka:
-165 + 76 – 198 + 241 = (-165 + 76) – 198 + 241
                                        = -89 – 198 + 241
                                        = (-89 – 198) + 241
                                        = -287 + 241
                                        = -46
Jawaban: A

33.    Hasil dari 224 x 4 : 2 adalah...
a.    546
b.    448
c.    410
d.    368
Pembahasan:
Rumus pengerjaannya adalah: kali/ bagi ---> Penjumlahan/ pengurangan
Maka:
224 x 4 : 2 = (224 x 4) : 2
                   = 896 : 2
                   = 448
Jawaban: B


Post a Comment for "Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Cacah Dan Bilangan Bundar Sd"