Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Lingkaran Smp
1. Pada operasi hitung bilangan bulat, angka 0 yaitu unsur identitas pada...
a. Penjumlahan
b. Pengurangan
c. Perkalian
d. Pembagian
Pembahasan:
Unsur identitas yaitu angka yang jikalau dioperasikan dengan angka tertentu akan menghasilkan angka tersebut. Angka 0 yaitu unsur identitas untuk penjumlahan, alasannya memenuhi:
a+ 0 = a dan 0 + a = a
jawaban: A
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(i) -4 > -3
(ii) -6 < -1
(iii) 3 < 0
(iv) 5 > -5
Pernyataan yang benar adalah...
a. (i) dan (ii)
b. (i) dan (iii)
c. (ii) dan (iii)
d. (ii) dan (iv)
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
(i) -4 > -3 dibaca negatif empat lebih besar dari negatif tiga. Ini pernyataan yang salah, seharusnya -4 lebih kecil dari -3
(ii) -6 < -1 dibaca -6 lebih kecil dari -1. Ini pernyataan yang benar.
(iii) 3 < 0 dibaca 3 kurang dari 0. Pernyataan ini salah, seharusnya 3 lebih besar dari 0.
(iv) 5 > -5 dibaca 5 lebih besar dari -5. Pernyataan ini benar
Jawaban: D
3. Urutan bilangan lingkaran -11, -20, -8 dan -40 dari terkecil ke terbesar adalah...
a. -8, -11, -20, -40
b. -11, -8, -40, -20
c. -40, -20, -11, -8
d. -40, -11, -20, -8
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terkecil adalah:
-40, -20, -11, -8
Jawaban: C
4. Urutan bilangan lingkaran -4, 3, 7, -9 dan 0 dari terbesar ke terkecil adalah...
a. 7, 3, 0, -4, -9
b. 7, 3, 0, -9, -4
c. 7, 3, -4, -9, 0
d. 7, 3, -9, -4, 0
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terbesar:
7, 3, 0, -4, -9
Jawaban: A
5. Dengan memakai sifat distributif, 6 x (9 + 11) bernilai sama dengan...
a. (6 x 9) + 11
b. 6 x (9 – 11)
c. (6 x 9) + (6 x 11)
d. 6 + (9 x 11)
Pembahasan:
Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan adalah:
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
maka:
6 x (9 + 11) = (6 x 9) + (6 x 11)
Jawaban: C
6. Dengan memakai sifat distributif, (7 x 26) – (7 x 16) bernilai sama dengan...
a. 7 x (26 + 16)
b. 7 x 10
c. 7 x 26 – 16
d. 7 x 16 – 26
Pembahasan:
Sifat distributif terhadap pengurangan adalah:
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
Maka:
(7 x 26) – (7 x 16) = 7 x (26 -16)
= 7 x 10
Jawaban: B
7. Hasil dari -11 + (-9) = ...
a. -2
b. -8
c. -19
d. -20
Pembahasan:
-11 + (-9) senilai dengan -11 – 9 = -20
Jawaban: D
8. Hasil dari -21 – (-10) = ...
a. -11
b. -31
c. 11
d. 31
Pembahasan:
-21 – (-10) senilai dengan -21 + 10 = -11
Jawaban: A
9. Perhitungan yang benar adalah...
a. 6 + (-1) = -7
b. -11 + 5 = -6
c. -4 – (-2) = -6
d. 8 – (-3) = 5
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
a. 6 + (-1) = -7 tanggapan salah karana 6 + (-1) = 6 – 1 = 5
b. -11 + 5 = -6 tanggapan benar
Jawaban: B
10. Bentuk sederhana dari -7 + 12 + (-13) adalah...
a. -8
b. -6
c. 6
d. 8
Pembahasan:
-7 + 12 + (-13) = -7 + 12 – 13 = 5 – 13 = -8
Jawaban: A
11. Hasil dari -9 - 3 – (-5) adalah...
a. -17
b. -11
c. -8
d. -7
Pembahasan:
-9 – 3 – (-5) = -9 – 3 + 5 = -12 + 5 = -7
Jawaban: D
12. Nilai dari -17 + 8 – 9 = ...
a. 0
b. -17
c. -18
d. 16
Pembahasan:
-17 + 8 – 9 = -9 – 9 = -18
Jawaban: C
13. Nilai dari 19 – (-4) + (-7) = ...
a. 16
b. 8
c. -8
d. -16
Pembahasan:
19 – (-4) + (-7) = 19 + 4 – 7 = 23 – 7 = 16
Jawaban: A
14. Nilai dari -8 : 2 x (-4) = ...
a. -16
b. -8
c. 16
d. 8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi --> tambah/ kurang
Maka:
-8 : 2 x (-4) = -4 x (-4) = 16
Jawaban: C
15. Hasil dari 18 + 3 x (-8) = ...
a. -168
b. -6
c. 6
d. 42
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
18 + 3 x (-8) = 18 + (-24) = 18 – 24 = -6
Jawaban: B
16. Hasil dari 27 + (-9) : 3 = ...
a. 3
b. 6
c. 24
d. 30
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
27 + (-9) : 3 = 27 + (-3) = 27 – 3 = 24
Jawaban: C
17. Hasil dari 17 – (3 x (-8)) adalah...
a. 49
b. 41
c. -7
d. -41
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
17 – (3 x (-8)) = 17 – (-24) = 17 + 24 = 41
Jawaban: B
18. Hasil dari (27 – 3) : 3 = ...
a. 26
b. 24
c. 9
d. 8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(27 – 3) : 3 = 24 : 3 = 8
Jawaban: D
19. Hasil dari (81 + 36) : 9 adalah...
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(81 + 36) : 9 = 117 : 9 = 13
Jawaban: A
20. Hasil dari (-18 + 30) : (-3 -1) adalah...
a. -12
b. -3
c. 3
d. 12
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(-18 + 30) : (-3 -1) = 12 : (-4) = -3
Jawaban: B
21. Hasil dari (-2 x 17) + (-2 x 23) adalah...
a. -80
b. -60
c. 60
d. 80
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
(-2 x 17) + (-2 x 23) = (-34) + (-46) = -34 – 46 = -80
Jawaban: A
22. Hasil dari (8 x 47) – (8 x 41) = ...
a. 40
b. 48
c. 56
d. 63
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
(8 x 47) – (8 x 41) = 8 x (47 – 41)
= 8 x 6
= 48
Jawaban: B
23. Nilai dari (16 : 2) + (-3) x (-5) adalah...
a. -25
b. -23
c. 23
d. 25
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(16 : 2) + (-3) x (-5) = 8 + (-3) x (-5)
= 8 + 15
= 23
Jawaban: C
24. Hasil dari 25 – (8 : 4) + (-2 x 5) adalah...
a. -33
b. -13
c. 13
d. 33
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
25 – (8 : 4) + (-2 x 5) = 25 – 2 + (-10)
= 23 + (-10)
= 23– 10
= 13
Jawaban: C
25. Hasil dari (-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) adalah...
a. -26
b. -14
c. 14
d. 26
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) = (-20) + 40 – 18 : (-3)
= (-20) + 40 – (-6)
= -20 + 40 + 6
= 20 + 6
= 26
Jawaban: D
26. 15 + (185 x 20) x 5 = ...
a. 18.525
b. 18.515
c. 18.505
d. 18.500
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
15 + (185 x 20) x 5 = 15 + 185 x (20 x 5) (gunakan sifat asosiatif)
= 15 + 185 x 100
= 15 + 18.500
= 18.515
Jawaban: B
Ingin berguru soal kisah yang berkaitan dengan bilangan bulat? yuk klik disini
a. Penjumlahan
b. Pengurangan
c. Perkalian
d. Pembagian
Pembahasan:
Unsur identitas yaitu angka yang jikalau dioperasikan dengan angka tertentu akan menghasilkan angka tersebut. Angka 0 yaitu unsur identitas untuk penjumlahan, alasannya memenuhi:
a+ 0 = a dan 0 + a = a
jawaban: A
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(i) -4 > -3
(ii) -6 < -1
(iii) 3 < 0
(iv) 5 > -5
Pernyataan yang benar adalah...
a. (i) dan (ii)
b. (i) dan (iii)
c. (ii) dan (iii)
d. (ii) dan (iv)
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
(i) -4 > -3 dibaca negatif empat lebih besar dari negatif tiga. Ini pernyataan yang salah, seharusnya -4 lebih kecil dari -3
(ii) -6 < -1 dibaca -6 lebih kecil dari -1. Ini pernyataan yang benar.
(iii) 3 < 0 dibaca 3 kurang dari 0. Pernyataan ini salah, seharusnya 3 lebih besar dari 0.
(iv) 5 > -5 dibaca 5 lebih besar dari -5. Pernyataan ini benar
Jawaban: D
3. Urutan bilangan lingkaran -11, -20, -8 dan -40 dari terkecil ke terbesar adalah...
a. -8, -11, -20, -40
b. -11, -8, -40, -20
c. -40, -20, -11, -8
d. -40, -11, -20, -8
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terkecil adalah:
-40, -20, -11, -8
Jawaban: C
4. Urutan bilangan lingkaran -4, 3, 7, -9 dan 0 dari terbesar ke terkecil adalah...
a. 7, 3, 0, -4, -9
b. 7, 3, 0, -9, -4
c. 7, 3, -4, -9, 0
d. 7, 3, -9, -4, 0
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terbesar:
7, 3, 0, -4, -9
Jawaban: A
5. Dengan memakai sifat distributif, 6 x (9 + 11) bernilai sama dengan...
a. (6 x 9) + 11
b. 6 x (9 – 11)
c. (6 x 9) + (6 x 11)
d. 6 + (9 x 11)
Pembahasan:
Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan adalah:
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
maka:
6 x (9 + 11) = (6 x 9) + (6 x 11)
Jawaban: C
6. Dengan memakai sifat distributif, (7 x 26) – (7 x 16) bernilai sama dengan...
a. 7 x (26 + 16)
b. 7 x 10
c. 7 x 26 – 16
d. 7 x 16 – 26
Pembahasan:
Sifat distributif terhadap pengurangan adalah:
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
Maka:
(7 x 26) – (7 x 16) = 7 x (26 -16)
= 7 x 10
Jawaban: B
7. Hasil dari -11 + (-9) = ...
a. -2
b. -8
c. -19
d. -20
Pembahasan:
-11 + (-9) senilai dengan -11 – 9 = -20
Jawaban: D
8. Hasil dari -21 – (-10) = ...
a. -11
b. -31
c. 11
d. 31
Pembahasan:
-21 – (-10) senilai dengan -21 + 10 = -11
Jawaban: A
9. Perhitungan yang benar adalah...
a. 6 + (-1) = -7
b. -11 + 5 = -6
c. -4 – (-2) = -6
d. 8 – (-3) = 5
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
a. 6 + (-1) = -7 tanggapan salah karana 6 + (-1) = 6 – 1 = 5
b. -11 + 5 = -6 tanggapan benar
Jawaban: B
10. Bentuk sederhana dari -7 + 12 + (-13) adalah...
a. -8
b. -6
c. 6
d. 8
Pembahasan:
-7 + 12 + (-13) = -7 + 12 – 13 = 5 – 13 = -8
Jawaban: A
11. Hasil dari -9 - 3 – (-5) adalah...
a. -17
b. -11
c. -8
d. -7
Pembahasan:
-9 – 3 – (-5) = -9 – 3 + 5 = -12 + 5 = -7
Jawaban: D
12. Nilai dari -17 + 8 – 9 = ...
a. 0
b. -17
c. -18
d. 16
Pembahasan:
-17 + 8 – 9 = -9 – 9 = -18
Jawaban: C
13. Nilai dari 19 – (-4) + (-7) = ...
a. 16
b. 8
c. -8
d. -16
Pembahasan:
19 – (-4) + (-7) = 19 + 4 – 7 = 23 – 7 = 16
Jawaban: A
14. Nilai dari -8 : 2 x (-4) = ...
a. -16
b. -8
c. 16
d. 8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi --> tambah/ kurang
Maka:
-8 : 2 x (-4) = -4 x (-4) = 16
Jawaban: C
15. Hasil dari 18 + 3 x (-8) = ...
a. -168
b. -6
c. 6
d. 42
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
18 + 3 x (-8) = 18 + (-24) = 18 – 24 = -6
Jawaban: B
16. Hasil dari 27 + (-9) : 3 = ...
a. 3
b. 6
c. 24
d. 30
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
27 + (-9) : 3 = 27 + (-3) = 27 – 3 = 24
Jawaban: C
17. Hasil dari 17 – (3 x (-8)) adalah...
a. 49
b. 41
c. -7
d. -41
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
17 – (3 x (-8)) = 17 – (-24) = 17 + 24 = 41
Jawaban: B
18. Hasil dari (27 – 3) : 3 = ...
a. 26
b. 24
c. 9
d. 8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(27 – 3) : 3 = 24 : 3 = 8
Jawaban: D
19. Hasil dari (81 + 36) : 9 adalah...
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(81 + 36) : 9 = 117 : 9 = 13
Jawaban: A
20. Hasil dari (-18 + 30) : (-3 -1) adalah...
a. -12
b. -3
c. 3
d. 12
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(-18 + 30) : (-3 -1) = 12 : (-4) = -3
Jawaban: B
21. Hasil dari (-2 x 17) + (-2 x 23) adalah...
a. -80
b. -60
c. 60
d. 80
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
(-2 x 17) + (-2 x 23) = (-34) + (-46) = -34 – 46 = -80
Jawaban: A
22. Hasil dari (8 x 47) – (8 x 41) = ...
a. 40
b. 48
c. 56
d. 63
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
(8 x 47) – (8 x 41) = 8 x (47 – 41)
= 8 x 6
= 48
Jawaban: B
23. Nilai dari (16 : 2) + (-3) x (-5) adalah...
a. -25
b. -23
c. 23
d. 25
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(16 : 2) + (-3) x (-5) = 8 + (-3) x (-5)
= 8 + 15
= 23
Jawaban: C
24. Hasil dari 25 – (8 : 4) + (-2 x 5) adalah...
a. -33
b. -13
c. 13
d. 33
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
25 – (8 : 4) + (-2 x 5) = 25 – 2 + (-10)
= 23 + (-10)
= 23– 10
= 13
Jawaban: C
25. Hasil dari (-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) adalah...
a. -26
b. -14
c. 14
d. 26
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) = (-20) + 40 – 18 : (-3)
= (-20) + 40 – (-6)
= -20 + 40 + 6
= 20 + 6
= 26
Jawaban: D
26. 15 + (185 x 20) x 5 = ...
a. 18.525
b. 18.515
c. 18.505
d. 18.500
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
15 + (185 x 20) x 5 = 15 + 185 x (20 x 5) (gunakan sifat asosiatif)
= 15 + 185 x 100
= 15 + 18.500
= 18.515
Jawaban: B
Ingin berguru soal kisah yang berkaitan dengan bilangan bulat? yuk klik disini
Post a Comment for "Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Lingkaran Smp"