Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Lingkaran Smp

1.    Pada operasi hitung bilangan bulat, angka 0 yaitu unsur identitas pada...
a.    Penjumlahan
b.    Pengurangan
c.    Perkalian
d.    Pembagian
Pembahasan:
Unsur identitas yaitu angka yang jikalau dioperasikan dengan angka tertentu akan menghasilkan angka tersebut. Angka 0 yaitu unsur identitas untuk penjumlahan, alasannya memenuhi:
a+ 0 = a dan 0 + a = a
jawaban: A

2.    Perhatikan pernyataan berikut!
(i)    -4 > -3
(ii)    -6 < -1
(iii)    3 < 0
(iv)    5 > -5
Pernyataan yang benar adalah...
a.    (i) dan (ii)
b.    (i) dan (iii)
c.    (ii) dan (iii)
d.    (ii) dan (iv)
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
(i)    -4 > -3 dibaca negatif empat lebih besar dari negatif tiga. Ini pernyataan yang salah, seharusnya -4 lebih kecil dari -3
(ii)    -6 < -1 dibaca -6 lebih kecil dari -1. Ini pernyataan yang benar.
(iii)    3 < 0 dibaca 3 kurang dari 0. Pernyataan ini salah, seharusnya 3 lebih besar dari 0.
(iv)    5 > -5 dibaca 5 lebih besar dari -5. Pernyataan ini benar
Jawaban: D

3.    Urutan bilangan lingkaran -11, -20, -8 dan -40 dari terkecil ke terbesar adalah...
a.    -8, -11, -20, -40
b.    -11, -8, -40, -20
c.    -40, -20, -11, -8
d.    -40, -11, -20, -8
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terkecil adalah:
-40, -20, -11, -8
Jawaban: C

4.    Urutan bilangan lingkaran -4, 3, 7, -9 dan 0 dari terbesar ke terkecil adalah...
a.    7, 3, 0, -4, -9
b.    7, 3, 0, -9, -4
c.    7, 3, -4, -9, 0
d.    7, 3, -9, -4, 0
Pembahasan:
Urutan bilangan dari terbesar:
7, 3, 0, -4, -9
Jawaban: A

5.    Dengan memakai sifat distributif, 6 x (9 + 11) bernilai sama dengan...
a.    (6 x 9) + 11
b.    6 x (9 – 11)
c.    (6 x 9) + (6 x 11)
d.    6 + (9 x 11)
Pembahasan:
Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan adalah:
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
maka:
6 x (9 + 11) = (6 x 9) + (6 x 11)
Jawaban: C

6.    Dengan memakai sifat distributif, (7 x 26) – (7 x 16) bernilai sama dengan...
a.    7 x (26 + 16)
b.    7 x 10
c.    7 x 26 – 16
d.    7 x 16 – 26
Pembahasan:
Sifat distributif terhadap pengurangan adalah:
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
Maka:
(7 x 26) – (7 x 16) = 7 x (26 -16)
    = 7 x 10
Jawaban: B

7.    Hasil dari -11 + (-9) = ...
a.    -2
b.    -8
c.    -19
d.    -20
Pembahasan:
-11 + (-9) senilai dengan -11 – 9 = -20
Jawaban: D

8.    Hasil dari -21 – (-10) = ...
a.    -11
b.    -31
c.    11
d.    31
Pembahasan:
-21 – (-10) senilai dengan -21 + 10 = -11
Jawaban: A

9.    Perhitungan yang benar adalah...
a.    6 + (-1) = -7
b.    -11 + 5 = -6
c.    -4 – (-2) = -6
d.    8 – (-3) = 5
Pembahasan:
Mari kita bahas satu persatu opsi di atas:
a.    6 + (-1) = -7 tanggapan salah karana 6 + (-1) = 6 – 1 = 5
b.    -11 + 5 = -6 tanggapan benar
Jawaban: B


10.    Bentuk sederhana dari -7 + 12 + (-13) adalah...
a.    -8
b.    -6
c.    6
d.    8
Pembahasan:
-7 + 12 + (-13) = -7 + 12 – 13 = 5 – 13 = -8
Jawaban: A

 11.    Hasil dari -9 - 3 – (-5) adalah...
a.    -17
b.    -11
c.    -8
d.    -7
Pembahasan:
-9 – 3 – (-5) = -9 – 3 + 5 = -12 + 5 = -7
Jawaban: D
12.    Nilai dari -17 + 8 – 9 = ...
a.    0
b.    -17
c.    -18
d.    16
Pembahasan:
-17 + 8 – 9 = -9 – 9 = -18
Jawaban: C

13.    Nilai dari 19 – (-4) + (-7) = ...
a.    16
b.    8
c.    -8
d.    -16
Pembahasan:
19 – (-4) + (-7) = 19 + 4 – 7 = 23 – 7 = 16
Jawaban: A

14.    Nilai dari -8 : 2 x (-4) = ...
a.    -16
b.    -8
c.    16
d.    8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi -->  tambah/ kurang
Maka:
-8 : 2 x (-4) = -4 x (-4) = 16
Jawaban: C

15.    Hasil dari 18 + 3 x (-8) = ...
a.    -168
b.    -6
c.    6
d.    42
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
18 + 3 x (-8) = 18 + (-24) = 18 – 24 = -6
Jawaban: B

16.    Hasil dari 27 + (-9) : 3 = ...
a.    3
b.    6
c.    24
d.    30
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
27 + (-9) : 3 = 27 + (-3) = 27 – 3 = 24
Jawaban: C

17.    Hasil dari 17 – (3 x (-8)) adalah...
a.    49
b.    41
c.    -7
d.    -41
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
17 – (3 x (-8)) = 17 – (-24) = 17 + 24 = 41
Jawaban: B

18.    Hasil dari (27 – 3) : 3 = ...
a.    26
b.    24
c.    9
d.    8
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(27 – 3) : 3 = 24 : 3 = 8
Jawaban: D

19.    Hasil dari (81 + 36) : 9 adalah...
a.    13
b.    14
c.    15
d.    16
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung --->  kali/ bagi
Maka:
(81 + 36) : 9 = 117 : 9 = 13
Jawaban: A

20.    Hasil dari (-18 + 30) : (-3 -1) adalah...
a.    -12
b.    -3
c.    3
d.    12
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi
Maka:
(-18 + 30) : (-3 -1) = 12 : (-4) = -3
Jawaban: B

21.    Hasil dari (-2 x 17) + (-2 x 23) adalah...
a.    -80
b.    -60
c.    60
d.    80
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ----> tambah/ kurang
Maka:
(-2 x 17) + (-2 x 23) = (-34) + (-46) = -34 – 46 = -80
Jawaban: A

22.    Hasil dari (8 x 47) – (8 x 41) = ...
a.    40
b.    48
c.    56
d.    63
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---->  tambah/ kurang
Maka:
(8 x 47) – (8 x 41) = 8 x (47 – 41)
    = 8 x 6
    = 48
Jawaban: B

23.    Nilai dari (16 : 2) + (-3) x (-5) adalah...
a.    -25
b.    -23
c.    23
d.    25
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(16 : 2) + (-3) x (-5) = 8 + (-3) x (-5)
    = 8 + 15
    = 23
Jawaban: C

24.    Hasil dari 25 – (8 : 4) + (-2 x 5) adalah...
a.    -33
b.    -13
c.    13
d.    33
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung --->  kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
25 – (8 : 4) + (-2 x 5) = 25 – 2 + (-10)
    = 23 + (-10)
    = 23– 10
    = 13
Jawaban: C

25.    Hasil dari (-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) adalah...
a.    -26
b.    -14
c.    14
d.    26
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
(-20) + 8 x 5 – 18 : (-3) = (-20) + 40 – 18 : (-3)
    = (-20) + 40 – (-6)
    = -20 + 40 + 6
    = 20 + 6
    = 26
Jawaban: D

26.    15 + (185 x 20) x 5 = ...
a.    18.525
b.    18.515
c.    18.505
d.    18.500
Pembahasan:
Urutan pengerjaan operasi hitung adonan adalah:
Tanda kurung ---> kali/ bagi ---> tambah/ kurang
Maka:
15 + (185 x 20) x 5 = 15 + 185 x (20 x 5) (gunakan sifat asosiatif)
    = 15 + 185 x 100
    = 15 + 18.500
    = 18.515
Jawaban: B

Ingin berguru soal kisah yang berkaitan dengan bilangan bulat? yuk klik disini

Post a Comment for "Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bilangan Lingkaran Smp"