Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Uts Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-3

Berbeda dengan Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 kepingan pertama hingga dengan soal UTS SBK kepingan kedua (soal nomor 11-25) yang berbentuk pilihan ganda, soal evaluasi tengah semester satu SBK kelas 10 K13 kepingan ketiga atau terakhir berbentuk essay dengan soal dimulai dari nomor 26.

26. Jelaskan yang dimaksud dengan musik Nusantara!
Jawaban: Musik Nusantara yaitu seluruh musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menunjukkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasanya maupun gaya melodinya.

27. Sebutkan ciri dari angklung!
Jawaban:
Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat dan sedang.
c. Instrumen ini terbuat dari bambu, seperangkat angklung merupakan instrumen yang berbeda-beda ukuran, satu pemain memainkan satu instrumen dan satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.

28. Sebutkan beberapa fungsi dari seni musik tradisional!
Jawaban: Sarana hiburan, sarana verbal diri, sarana komunikasi, pengiring tarian, dan sarana perbaikan ekonomi.

29. Sebutkan instrumen yang ada pada gambang kromong!
Jawaban: Instrumen dalam gambang kromong, yaitu biola, rebab, suling, bonang, gambang kayu, gong, gendang, dan kecrek.

30. Jelaskan apa itu talempong!
Jawaban: Talempong yaitu alat musik yang digunakan di Sumatra Barat.

31. Jelaskan yang dimaksud dengan seni rupa terapan!
Jawaban: Seni terapan atau applied art yaitu cabang seni rupa yang pembuatannya didasarkan pada aspek nilai guna dalam kehidupan insan sehari-hari, namun begitu tetap mempertimbangkan aspek keindahan. Berikut yang termasuk seni terapan, yaitu seni kerajinan dan seni grafis.

32. Sebutkan teknik pembuatan seni rupa!
Jawaban: Teknik pembuatan seni rupa, yaitu handmade, mekanik, dan komputer.

33. Sebutkan jenis-jenis dari hue!
Jawaban:
a. Primer, yaitu warna pokok: merah, kuning, dan biru.
b. Sekunder, yaitu percampuran antara dua warna primer: hijau, ungu, dan jingga.
c. Intermediet, yaitu percampuran antara warna primer dengan warna sekunder: merah ungu, kuning ungu, biru ungu, kuning hijau, dan biru hijau.
d. Tersier, yaitu percampuran antara warna sekunder dan intermediet.
e. Kuarter, yaitu percampuran warna intermediet dengan warna tersier.

34. Jelaskan yang dimaksud pola tebar dalam membatik!
Jawaban: Biasanya berupa motif-motif kecil yang diletakan dengan jarak tertentu. Motif sanggup diletakan searah, dua arah, atau ke semua arah dengan pola tertentu.

35. Sebutkan syarat tanah yang cocok untuk materi keramik!
Jawaban:
a. Butiran tanah halus.
b. Plastisitas.
c. Homogeni.
d. Bebas dari gelembung udara.
e. Bersih tanpa kotoran.
f. Daya susut tidak lebih dari 10%.

36. Jelaskan fungsi musik dalam meningkatkan kecerdasan!
Jawaban: Otak insan dibagi menjadi dua bagian, yaitu right hemisphere (otak kanan) dan left hemisphere (otak kiri). Keseimbangan dua kepingan otak tersebut sanggup mempengaruhi kecerdasan manusia. Otak kiri merupakan sentra pengendali fungsi intelektual menyerupai daya ingat, bahasa, logika, perhitungan, daya analisis, dan anutan konvergen. Otak kanan menurut kepada spontanitas dan pengendalian fungsi mental yang melibatkan intuisi, sikap, emosi, relasi ruang dan dimensi, gambar, musik dan irama, gerak dan tari, serta pikiran divergen. Musik dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri dan kanan. Daya estetis musik sanggup dimanfaatkan sebagai penambahan intelegensi (IQ).

37. Sebutkan peranan musik tradisional Nusantara!
Jawaban:
a. Sebagai pujian bagi tempat tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya dengan huruf dan ciri khas yang berbeda dengan tempat lain.
b. Sebagai media verbal dan komunikasi sosial budaya dalam masyarakat tersebut.
c. Sebagai motivasi untuk melestarikan dan mengasihi budaya tempat sebagai kepingan dari budaya nasional.

38. Sebutkan ciri-ciri gamelan Bali!
Jawaban:
a. Irama relatif cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit daripada gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak mempunyai peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, menyerupai gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi sebagai musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.

39. Sebutkan ciri-ciri talempong!
Jawaban:
a. Bertangga nada diatonik.
b. Harmoni kontrapunk dengan irama relatif cepat.
c. Instrumen terdiri atas saluang, serunai, talempong, gendang, ketipung, gong, rebana, gitar, biola, dan terompet.
d. Berfungsi sebagai hiburan, pengiring lagu, tari, teater tradisional (randai).

40. Sebutkan jenis-jenis angklung!
Jawaban:
a. Angklung kanekes, dikenal pula dengan nama angklung Badui.
b. Angklung Gubrak, berasal dari kampung Cipiding kecamatan Cigudeg.
c. Angklung Dogdog lonjor, berasal dari masyarakat Banten Selatan.
d. Angklung Bodeng difungsikan sebagai media dakwah dalam penyebaran agama Islam.
e. angklung Buncis, difungsikan sebagai media hiburan.

41. Siapa penggagas seni lukis modern Indonesia?
Jawaban: Raden Saleh.

42. Jelaskan pengertian tekstur!
Jawaban: Tekstur yaitu nilai raba dari suatu permukaan.

43. Jelaskan perbedaan seni murni dan seni terapan!
Jawaban: Seni murni yaitu karya seni yang dibentuk sebagai hasil verbal untuk dinikmati keindahan. Sedangkan seni terapan yaitu karya seni rupa yang dibentuk untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan insan namun tetap mempertahankan nilai kesenangan atau keindahannya.

44. Sebutkan fungsi individual dari seni!
Jawaban: Fungsi individual seni dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi fisik dan emosional.

45. Sebutkan unsur-unsur dalam seni rupa!
Jawaban: Garis, bidang, bentuk, ruang, warna, gelap terang, dan tekstur.

Lanjut ke soal sesudah evaluasi tengah semester SBK => Contoh Soal PG Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-5

Post a Comment for "Contoh Soal Uts Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Part-3"