Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Dan Pembahasan Kesebangunan 9 Smp

Haii... masih semangat belajarnya? yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan...

1.Pasangan bangkit berikut yang niscaya sebangun adalah...
    a.Dua lingkaran
    b.Dua belah ketupat
    c.Dua segitiga sama kaki
    d.Dua persegi panjang
Pembahasan: mari kita bahas masing-masing opsi di atas:
    a.Lingkaran, Pasti sebangun sebab ukuran yang dibandingkan hanya jari-jari / diameter saja.
    b.Belah ketupat, Belum tentu sebangun sebab meskipun sisi yang bersesuaian sama, namun sudutnya belum tentu sama.
    c.Segitiga sama kaki, belum tentu sebangun sebab perbandingan sisi dan sudutnya belum tentu sama.
    d.Persegi panjang, belum tentu sebangun sebab perbandingan sisi yang bersesuaian belum tentu sama.
Jadi, balasan yang sempurna yakni A.

2.     Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Perbandingan sisi pada ∆ABC dan ∆ABD yang sebangun adalah...   




 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan: perhatikan gambar, sisi yang bersesuaian adalah:
    AB AD
    BC BD
    AB AC
Makara balasan yang sempurna yakni A.

3. Diketahui segitiga ABC yang panjang sisinya 6 cm, 8 cm, dan 10 cm sebangun dengan segitiga PQR yang panjang sisinya 15 cm, 20 cm, dan 25 cm. Perbandingan panjang sisi segitiga ABC dan segitiga PQR adalah...
    a.1 : 5
    b.2 : 5
    c.5 : 2
    d.5 : 1
Pembahasan: untuk memilih perbandingan sisi-sisinya, kita harus membandingkan sisi yang bersesuaian. Makara pada segitiga ABC dan PQR, sisi yang bersesuaian adalah:
6 15  (6 sisi paling kecil dari ABC, dan 15 sisi paling kecil dari PQR)
10 25 ( 10 sisi paling panjang dari ABC, dan 25 sisi paling panjang dari PQR)
8 20 (sisi yang ditengah)
Perbandingan = 6 : 15 atau 10 : 25 atau 8 : 20 = 2 : 5
Jadi, balasan yang sempurna yakni B.

4. Diketahui ∆ABC yang panjang sisinya 9 cm, 12 cm, dan 15 cm, sebangun dengan ∆PQR yang panjang sisinya 24 cm, 30 cm, dan 18 cm. Perbandingan panjang sisi segitiga ABC dan PQR adalah...
    a.1 : 4
    b.1 : 2
    c.2 : 1
    d.4 : 1
Pembahasan: untuk memilih perbandingan sisi-sisinya, kita harus membandingkan sisi yang bersesuaian. Makara pada segitiga ABC dan PQR, sisi yang bersesuaian adalah:
9 18  (9 sisi paling kecil dari ABC, dan 18 sisi paling kecil dari PQR)
15 30 ( 15 sisi paling panjang dari ABC, dan 30 sisi paling panjang dari PQR)
12 24 (sisi yang ditengah)
Perbandingan = 9 : 18 atau 15 : 30 atau 12 : 24 = 1 : 2
Jadi, balasan yang sempurna yakni B.

5. Diketahui ∆KLM dan ∆PQR sebangun. Panjang sisi ML = 6 cm, KL= 12 cm, dan KM = 21 cm, sedangkan PQ = 16 cm, PR = 28 cm, dan QR = 8 cm. Perbandingan sisi-sisi pada segitiga KLM dan PQR adalah...
    a.2 : 3
    b.3 : 4
    c.3 : 2
    d.4 : 3
Pembahasan: untuk memilih perbandingan sisi-sisinya, kita harus membandingkan sisi yang bersesuaian. Makara pada segitiga KLM dan PQR, sisi yang bersesuaian adalah:
6 8  (6 sisi paling kecil dari KLM, dan 8 sisi paling kecil dari PQR)
21 28 ( 21 sisi paling panjang dari KLM, dan 28 sisi paling panjang dari PQR)
12 16 (sisi yang ditengah)
Perbandingan = 6 : 8 atau 21 : 28 atau 12 : 16 = 3 : 4
Jadi, balasan yang sempurna yakni B.

6. Perhatikan gambar berikut!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Perbandingan sisi-sisi yang benar adalah..
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan: Pada gambar di atas, sisi yang bersesuaian adalah:
AB ≈ DE
AC ≈ CE
BC ≈ CD
Jadi, balasan yang sempurna yakni A.

7. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Perbandingan sisi yang benar adalah...
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan: Pada gambar di atas, sisi yang bersesuaian adalah:
AD ≈ BC
DE ≈ EB
CE ≈ AE
Jadi, balasan yang sempurna yakni A.



8. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pernyataan yang benar adalah...
   

 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan: Pada gambar di atas, sisi yang bersesuaian adalah:
AB ≈ CD
BE ≈ ED
AE ≈ EC
Jadi, balasan yang sempurna yakni A.

9.  Perhatikan gambar berikut!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Segitiga ABC dan DEF kongruen. Pasangan garis yang tidak samapanjang adalah...
    a.BC dan DE
    b.AB dan DF
    c.AC dan EF
    d.AB dan DE
Pembahasan: pada soal di atas sisi-sisi yang bersesuaian adalah: (coba perhatikan tanda sudut yang bersesuaian)
AC ≈ EF
BC ≈ DE
AB ≈ DF
Makara sisi yang tidak sama panjang yakni AB dan DE
Jadi, balasan yang sempurna yakni D.

10. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Segitiga ABC kongruen dengan segitiga POT. Pasangan sudut yang sama besar adalah...
    a.<BAC = <POT
    b.<BAC = <PTO
    c.<ABC = <POT
    d.<ABC = <PTO
    Pembahasan:
AB = PO dan AC = PT, maka <BAC = <TPO
AC = PT dan BC = TO, maka <ACB = <PTO
AB = PO dan BC = TO, maka <ABC = <POT
Jadi, balasan yang sempurna yakni C.

11. Segitiga ABC dan segitiga DEF kongruen. Bila besar <A = <F dan besar <B = <E, pasangan sisi yang sama panjang adalah...
    a.AC = EF
    b.AB = DE
    c.BC = EF
    d.BC = DE
    Pembahasan: untuk menjawabnya kita perlu mengilustrasikan soal tersebut dalam gambar, perhatikan gambar di bawah ini:

 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Berdasarkan gambar di atas, maka:
AB = EF
BC = DE
AC = DF
Jadi, balasan yang sempurna yakni D.

12. Diketahui segitiga KLM kongruen dengan segitiga PQR. Besar <M = 80 derajat, <L = 60 derajat, <Q = 40 derajat, dan <R = 60 derajat. Pasangan sisi yang sama panjang adalah...
    a.KM = PR
    b.KL = PQ
    c.LM = QR
    d.KL = QR
Pembahasan: untuk menjawabnya kita perlu mengilustrasikan soal tersebut dalam gambar, perhatikan gambar di bawah ini:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Berdasarkan gambar di atas maka:
LM = PR
KM = PQ
KL = QR
Jadi, balasan yang sempurna yakni D.

13. Segitiga ABC kongruen dengan segitiga PQR, besar <BAC = <PQR = 65 derajat dan <ABC = <QPR = 80 derajat. Sisi-sisi yang sama panjang adalah...
    a.AB = PR
    b.AC = PQ
    c.AB = PQ
    d. BC = QR
Pembahasan: 
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP  
Berdasarkan gambar di atas, maka sisi yang bersesuaian adalah:
AB = PQ
BC = PR
AC = QR
Jadi, balasan yang sempurna yakni C.



14.  yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pada gambar di atas, ∆ABC dan ∆DEF sama dan sebangun. Pernyatan berikut yang benar adalah...
     yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan:
AB = DE = 9 cm
AC = EF = 8 cm
<A = <E = 400
<B = <D = 650
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Jadi, balasan yang sempurna yakni A.

15.     Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Banyak pasangan segitiga yang kongruen adalah...
    a.1
    b.2
    c.3
    d.4
 Pembahasan:∆ABD = ∆BAC
∆AED = ∆BEC
Jadi, balasan yang sempurna yakni 2 pasang (B).

16. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
 Banyaknya pasangan segitiga yang kongruen adalah...
    a.4
    b.3
    c.2
    d.1
Pembahasan:
∆AED = ∆BEC
∆DAC = ∆BCD
∆ABD = ∆ABC
Jadi, balasan yang sempurna yakni B.

17. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Banyaknya pasangan segitiga yang kongruen adalah...
    a.2
    b.3
    c.4
    d.5
  Pembahasan:
∆ABE = ∆ADE
∆CED = ∆CEB
∆ADC = ∆ABC
Jadi, balasan yang sempurna ada 3 (B).

18. Perhatikan gambar jajar genjang berikut!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Banyaknya pasangan segitiga yang kongruen adalah...
    a.4
    b.5
    c.6
    d.7
Pembahasan:
∆AOD = ∆BOC
∆COD = ∆AOB
∆ADC = ∆ABC
∆ABD = ∆BCD
Jadi, balasan yang sempurna ada 4 pasang (A).

19.  yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pada gambar di atas, ∆PQR dan ∆ABC sebangun. Panjang PQ = ...
    a.2 cm
    b.3cm
    c.4 cm
    d.6 cm
Pembahasan: untuk menghitung PQ kita harus memakai perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
PQ . 10 = 8 . 5
10PQ = 40
PQ = 40 : 10
PQ = 4cm
Jadi, balasan yang sempurna yakni C.

20. Perhatikan gambar berikut!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Diketahui panjang AB = 9 cm dan AD = 5 cm. Panjang BC adalah...
    a.4 cm
    b.5 cm
    c.6 cm
    d.8 cm
Pembahasan:
Pertama kita cari panjang CD dengan rumus:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
    = 5 x 4
    = 20
CD = √20
Sedangkan, panjang BC kita hitung dengan rumus phytagoras:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
    = 16 + 20
    = 36
BD    = √36
    = 6 cm
Jadi, balasan yang sempurna BD = 6 cm (C)

21.  yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pada gambar di atas, ∆ABC siku-siku di A. Panjang BD = 16 cm dan DC = 4 cm. Panjang AD = ...
    a.√11
    b.√16
    c.√44
    d.√64
Pembahasan:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
    = 16 x 4
    = 64
AD    = √64
Jadi, balasan yang sempurna yakni D.
22.  yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pada gambar di atas, panjang DE = ...
    a.8 cm
    b.12 cm
    c.13 cm
    d.15 cm
Pembahasan: untuk mencari panjang DE, gunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian pada segitiga ABC dan CDE.
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
DE . 6 = 12 . 4
6DE = 48
DE = 48 : 6
    = 8 cm
Jadi, DE = 8 cm. Jawaban yang sempurna yakni A.

23. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Jika PQRS persegi, panjang RT adalah...
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Pembahasan: perhatikan gambar di bawah ini:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Karena PQRS dalah persegi, maka PQ = 12 cm. Maka panjang RU sanggup dicari.
RU = RQ – QU
    = 12 – 5
    = 7 cm
Untuk mencari panjang RT, kita memakai perbandingan sisi- sisi yang bersesuaian:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Jadi, balasan yang sempurna yakni C.






24. Perhatikan gambar berikut!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Trapesium ABCD sebangun dengan trapesium EFGH. Panjang EH adalah...
    a.8 cm
    b.9 cm
    c.10 cm
    d.12 cm
Pembahasan: untuk mencari panjang EH, kita gunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian:
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
EH . 12 = 18 . 8
12 EH = 144
EH = 144 : 12
    = 12 cm
Jadi, balasan yang sempurna yakni D.
25. Perhatikan gambar!
 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP
Panjang FC adalah...
    a.11,0 cm
    b.11,5 cm
    c.15,0 cm
    d.15,5 cm
Pembahasan: perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal di atas:

 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP


 yuk hari ini kita mencar ilmu perihal kesebangunan SOAL DAN PEMBAHASAN KESEBANGUNAN 9 SMP



Jadi, balasan yang sempurna yakni A.

Post a Comment for "Soal Dan Pembahasan Kesebangunan 9 Smp"