Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Makan Secukupnya Untuk Kesehatan Di Bulan Ramadhan

Setelah berpuasa satu hari penuh, terkadang kita lupa di waktu berbuka makan berlebihan. Perlu diketahui bahwa makan secukupnya tidak akan menciptakan gemuk ataupun kurus. Kolesterol tidak tinggi atau rendah, darah tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

Makan secukupnya merupakan cara yang paling ampuh menjauhkan diri dari penyakit. Apa yang dimaksud makan secukupnya? Baik kita ibaratkan perut kita isinya ada 3 bagian, penggalan pertama berisi air, kedua berisi masakan dan ketiganya ialah udara. Makara janglah porsi masakan mengalahkan porsi maa kanan mengalahkan jatahnya rongga udara maupun air. Ini akan menimbulkan tubuh Anda terasa ringan dan nyaman. Jika makan kenyang kita ukur 100% maka maksimal kita hanya 80%.

Ada sebuah dongeng sejarah yang diarsipkan jago hadist. Bahwa Nabi Muhammad SAW pernah dihadiahi seorang dokter dari raja Mesir. Sang dokter bertugas mengawasi dan membantu pengobatan masyarakat Islam Madinah. Tetapi sang dokter lebih banyak menganggur, masyarakat Madinah sehat-sehat saja, jarang ada yang sakit. Sang dokter ingin tau kemudian bertanya kepada Nabi apa rahasianya sehingga umatnya banyak yang sehat-sehat. Nabi menjawab, "Kami suatu kaum yang tidak makan kecuali bila merasa lapar dan bila makan tidak hingga kenyang."

Bagaimana cara menjalankan masakan secukupnya? Jika acara Anda sedikit maka jumlah masakan juga sedikit, bila acara Anda banyak maka makannya juga banyak. Yang penting energi yang masuk ke dalam tubuh harus dikeluarkan melalui acara fisik dan psikis, sehingga energi tidak menumpuk dalam tubuh.

Sumber: Sehat dan Bugar dengan terapi jus buah dan sayur (Shinta Faramita: 2012)

Post a Comment for "Manfaat Makan Secukupnya Untuk Kesehatan Di Bulan Ramadhan"